Sabtu, 17 Oktober 2009

Pilihan kamera pertama

Para peminat yang baru mulai menekuni dunia fotografi, biasanya akan diliputi keraguan “Beli yang mana ya, kompak atau DSLR?”
Pertanyaan itu begitu sering muncul dan juga begitu sering dibahas, namun agaknya para peminat awal ini tidak cukup puas dengan jawaban yang sudah diberikan pada orang lain, jadi saya pikir ada baiknya saya tuliskan panduan yang bersifat umum.
Pada dasarnya jawaban untuk pertanyaan “Beli yang mana ya, kompak atau DSLR?” terletak pada masing-masing pribadi. Perbedaan minat, kemampuan keuangan & lingkungan akan sangat mempengaruhi pilihan tersebut.
Setahun lalu, untuk menjawab pertanyaan seperti di atas saya akan menanyakan
“Seberapa besar minat Anda pada fotografi?”
Diharapkan dari jawaban pertanyaan itu, akan diperoleh pilihan paling tepat. Jika Anda adalah seorang yang antusias & selalu ingin mengembangkan kemampuan “Saya berharap suatu ketika nanti bisa memperoleh penghasilan dari fotografi”, maka belilah sebuah DSLR.
Jika yang Anda perlukan adalah alat untuk dokumentasi kejadian sehari-hari, mengabadikan aktivitas anak-anak, dan untuk dibawa ke setiap kesempatan, maka kamera kompak adalah pilihan yang lebih tepat.
Namun sekarang ini, dengan adanya perkembangan teknologi, persaingan merk & banyaknya produksi kamera DSLR entry-level dengan harga terjangkau, pertanyaannya menjadi lebih mudah:
“Berapa budget yang tersedia?”
Jika budget yang ada mencukupi untuk pembelian satu paket kamera DSLR & lensa kit, maka belilah. Setelah Anda beli kameranya, maka maksimalkan penggunaannya. Anda tidak akan menyesal, karena penyesalan itu tak ada gunanya. :-D