Sabtu, 17 Oktober 2009

Kamera - Pendahuluan

Kamera merupakan salah satu gadget yang paling populer. Berbeda dengan pada era film, pada saat ini hampir semua orang memiliki kamera. Seorang kawan di forum kamera-digital ( www.kamera-digital.com ) mendefinisikan huruf D dalam kamera DSLR sebagai singkatan ‘demokrasi’. Alasannya, dengan media digital yang ada sekarang ini, fotografi tidak lagi menjadi konsumsi segelintir elite fotografer & pehobby, tetapi menjadi bagian dari kehiduan banyak orang.
Seiring perkembangan teknologi, tersedia berbagai jenis kamera digital untuk berbagai keperluan. Secara umum, sebuah kamera terdiri dari:
1. Bagian optik, terdiri dari sistem lensa yang berfungsi sebagai pintu masuk cahaya
2. Bagian mekanis, terdiri dari sistem eksekusi untuk menggerakkan shutter & aperture
3. Bagian elektronis, untuk mengontrol berbagai fungsi kamera & memproses data, mengubah data analog (cahaya) menjadi data digital (pixel) yang akhirnya dapat kita nikmati sebagai gambar
4. Sensor & media penyimpan gambar (film, memori)
5. Aksesoris, meliputi perlengkapan tambahan untuk memaksimalkan gambar & memudahkan operator/ pengguna, misalnya flash, assist lamp, LCD viewer, dll
Pada sebuah kamera digital, media film sebagai penyimpan gambar digantikan oleh sebuah sensor peka cahaya yang mengubah foton (partikel cahaya) menjadi data elektro-magnetik.